You are currently viewing Radboudumc Kunjungi USU untuk Transfer Knowledge

Radboudumc Kunjungi USU untuk Transfer Knowledge

  • Post author:
  • Post category:Berita

HUMAS USU – Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr. Muryanto Amin, S.Sos.,M.Si menerima kunjungan tim The Radbou Univesity Medical Center (Radboudumc).

Pada kunjungan tersebut Rektor USU didampingi Wakil Dekan III FK USU dr. Inke Nadia Diniyanti Lubis M.Ked(Ped)., Sp.A, Ph.D dan Dosen FK USU Dr. dr Eddy Sutrisno Hendrowasito SpBP-RE(K) menyambut Consultant Plastic Surgeon Univ. Prof. Dr. Paup H.M. Spauwen di Rumah Dinas Rektor, Sabtu (12/11/2022).

Kunjungan ini membahas tentang kerja sama yang dilakukan oleh USU dengan Radboudumc. Kedua universitas ini telah menjalin kerja sama lebih dari 30 tahun. Kerja sama yang dijalin keduanya bertujuan untuk transfer knowledge.

Dokter Inke Nadia Diniyanti Lubis M.Ked(Ped)., Sp.A, Ph.D, berharap setelah kunjungan ini, kerja sama kembali dapat direalisasikan dengan penandatanganan nota kesepahaman dan diimplementasikan dalam perjanjian kerja sama.

Beberapa bentuk kerja sama yang telah direncanakan oleh FK USU adalah mengadakan kuliah tamu, pertukaran mahasiswa, dan mengirim staff ke Radboudumc untuk bertukar pengetahuan.

“Langkah selanjutnya kita lakukan penandatangan MoU dan MoA antar USU dengan Radboudumc,” kata dokter Inke.

Sementara itu, Radboudumc menawarkan mahasiswa untuk bekerja sama dengan tim terspeliasisi seperti melakukan operasi bibir sumbing, langit-langit mulut, dan operasi tangan. Consultant Plastic Surgeon Univ. Prof. Dr. Paup H.M. Spauwen menyebut ingin melakukan perawatan pasien sekaligus dan mengajar dan melatih mahasiswa seperti melakukan pengajaran mengenai operasi ketika operasi sedang berlangsung di saat yang bersamaan.

“Saya sangat berharap kami dapat menawarkan sesuatu untuk para siswa karena kami bekerja sama dengan tim yang sangat terspesialisasi di sana,” ujar Prof. Paup.

Dr. dr Eddy Sutrisno Hendrowasito SpBP-RE(K) salah seorang Dosen FK USU berharap setelah ini akan ada mahasiswa USU yang dikirim langsung ke Radboudumc untuk melakukan penelitian.

“Dulu 5 tahun lalu ada mahasiswa sana dikirim ke USU untuk melakukan penelitian, kapan mahasiswa USU pergi ke sana juga untuk melakukan penelitian,” kata Eddy.